Sering Salah Mengenali Undertone? Simak Tips Anti Gagalnya!

Trend memperlihatkan OOTD atau outfit of the day menjadi semkain marak di kalagan remaja, Banyak remaja yang semakin percaya diri ketika merasa mengenakan pakaian yang sesuai dan pas dengan dirinya. Tak hanya itu, pemilihan outfit yang tepat juga bisa memancarkan aura positif bagi pemakainya. Terkait gaya penampilan, saat ini ramai istilah di media sosial seperti cewek kue, cewek mamba, hingga si cewek bumi. Istilah-istilah tersebut dilekatkan ke seseorang yang memilih warna outfit tertentu saat tampil di depan publik.

Apa artinya cewek kue, cewek mamba dan cewek bumi?

Cewek kue diidentikkan dengan perempuan yang senang menggunakan pakaian berwarna-warni. Sedangkan, cewek mamba adalah perempuan yang sering mengenakan pakaian berwarna hitam. Terakhir, cewek bumi yang dijelaskan dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Beauty Diary: Untukmu Si Cewek Bumi” yang identik dengan pakaian earth tone atau warna bumi. Biasanya, mereka memilih warna-warna kalem untuk pakaiannya.

Cewek bumi dikenal dengan pembawaanya yang kalem dan anggun, jadi banyak Pemilihan warna pakaian memang tak kalah penting.

Mengutip dari Kompas.com, penelitian yang dilakukan Obeng dkk di tahun 2018 lalu membuktikan bahwa 85,3 persen dari mereka mengaku kalau pemilihan warna pada outfit bisa mengubah suasana hati dan tingkat kepercayaan diri. Salah satu cara yang bisa digunakan agar bisa memilih warna pakaian dengan tepat adalah melihat undertone. Lantas, bagaimana caranya?

See also  Fungsi Hangtag Pada Baju

Apa Itu Undertone dan Fungsinya?

Selain warna kulit yang kita kenal pada umumnya, ada pula istilah undertone. Undertone adalah warna yang tak terlihat secara jelas di permukaan kulit. Meskipun begitu, warna ini sangat memengaruhi warna permukaan kulit kita.

Umumnya, ada tiga jenis undertone, yaitu cool (dingin), warm (hangat), dan neutral (netral). Ketiganya pun memiliki karakteristik yang berbeda dan bisa memengaruhi bagaimana kita berpenampilan. Selain itu, undertone juga berfungsi untuk menentukan shade foundation dan concealer yang sesuai dengan warna asli kulit kita. Hal ini penting dilakukan karena masih banyak orang yang keliru dalam memilih shade kosmetik.

Mengenal Tiga Macam Undertone Kulit yang memiliki undertone hangat biasanya tak mudah terbakar sinar matahari karena memiliki lebih banyak melanin. Oleh sebab itu, undertone ini biasanya dimiliki oleh orang-orang dengan warna dasar kulit kekuningan atau cokelat zaitun.

Karenanya, orang dengan warna kulit hangat cenderung terlihat lebih bersinar jika menggunakan pakaian dengan warna dasar kuning, hijau, cokelat, merah, oranye, persik, koral, dan emas. Tak hanya itu, menggunakan aksesoris berwarna emas juga akan membantu menonjolkan warna kulit kita. Kedua adalah undertone cool (dingin) yang ditandai dengan rentan terbakarnya kulit di bawah sinar matahari. Meskipun begitu, ia tak mudah menggelap karena memiliki lebih sedikit pigmen. Orang dengan undertone ini biasanya terlihat paling baik mengenakan pakaian atau riasan dengan nada biru. Warna dasar yang cocok digunakan adalah hijau cerah, ungu tua, merah muda, dan biru. Untuk aksesoris, mereka cenderung lebih cocok dengan perhiasan berwarna perak atau rose gold. Sementara itu, orang dengan undertone netral cocok menggunakan outfit dari dua undertone di atas.

See also  Model Jaket Yang Paling Diminati

Cara Menentukan Undertone untuk kulit kita

Masih banyak orang yang belum paham cara menentukan undertone. Oleh karena itu, dilansir dari Family Britches, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Melihat pembuluh darah di telapak atau pergelangan tangan.

Undertone warm memiliki urat berwarna hijau sedangkan undertone cool memiliki urat berwarna biru. Sementara itu, undertone neutral adalah gabungan warna keduanya.

2. Memegang selembar kertas di kulit wajah.

Lihat dan bandingkanlah bagaimana kulit kita terlihat. Kulit yang terlihat hijau, kekuningan, atau cokelat muda cenderung berwarna warm tone. Sementara itu, jika kulit terlihat biru, merah muda, atau kemerahan, kemungkinan memiliki undertone cool. Kulit yang terlihat berwarna abu-abu atau pucat cenderung memiliki undertone netral.

3. Melihat warna mata dan warna kulit wajah .

Sering kali orang dengan undertone warm memiliki mata cokelat atau kuning. Sementara itu, orang dengan undertone cool cenderung memiliki mata biru, abu-abu, atau hijau. Terakhir adalah menggunakan kuteks berwarna hijau dan biru di kuku yang berbeda. Kuteks hijau akan terlihat cocok untuk pemilik undertone warm. Di sisi lain, kuteks biru cocok untuk undertone cool. Sementara itu, undertone netral cocok untuk keduanya

Itu dia tadi beberapa tips untuk menentukan undertone agar kamu nggak salah lagi dalam memilih pakaian. Jika kamu punya tips lain kamu bisa coba berikan pendapatmu melalui kolom komenttar di bawah ini ya! temukan juga banyak tips di blog kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.