Mengenal Apa Itu Bordir ?

Mengenal apa itu bordir?

Sebagai pebisnis konveksi, bordir merupakan salah satu tahapan paling penting. Dan tentunya sebagai pengusaha yang baru saja merintis tentunya perlu untuk mengetahui informasi apa itu bordir.

Berikut informasi terkait metode bordir beserta penjelasannya.

  • APA ITU BORDIR?

 

Bordir adalah suatu kegiatan menyulam benang dengan jarum dengan membentuk desain yang sudah disesuaikan kreatifitas atau desain dengan berbagai motif dan juga berbagai jenis bahan.

Desain bordir dapat menggunakan beragam teknik. Bisa menggunakan manual ataupun digital, jika desain hiasan yang unik biasanya menggunakan mesin dan komputer. Desain yang rumit di desain dulu pada komputer dan diteruskan melalui mesin. Masing masing mempunyai kegunaan yang berbeda.

Jika menggunakan metode manual, biasa disebut dengan sulaman. Atau biasa disebut jahit rantai. Kelebihan metode ini biasa dilakukan dengan metode hand made yang menjadikan kesan eksklusif dan juga limited edition. Namun, metode ini jarang digunakan karena waktu tidak fleksibel dan pengerjaan yang lebih lama.

  • Sejarah Bordir

Setelah mengenal definisi bordir itu sendiri. Mari kita bahas mengenai sejarah bordir. Teknik bordir dikenal mulai pada abad 5 sampai 3 SM. Pertama kali ditemukan di Tiongkok dan pertama kali dikenalkan oleh dinasti Qin. Teknik ini ditemukan pada saat migrasi Swedia.

Lalu, seiring dengan perkembangan zaman, penerapan teknik bordir sangat beragam, digunakan untuk menyulam prajurit, atau untuk membuat suatu logo bangsawan.

Teknik bordir semakin dikenal pada masa kesultanan Turki. Bordir semakin digunakan untuk keterampilan berupa nuansa Islami. Sampai saat ini, perkembangan teknologi menjadi semakin canggih dan juga semakin eksklusif.

  • Jenis-jenis Bordir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Jenis bordir tentunya mempunyai jenis bordir yaitu bordir manual dan bordir digital.

See also  Beberapa Fakta Tentang Film KKN Desa Penari

Mari kita simak penjelasan beberapa jenis bordir:

  1. Bordir Manual

Bordir jenis ini merupakan salah satu bordir yang fleksibel karena menggunakan tangan. Namun ketika mengerjakan ini harus memiliki keahlian tinggi. Berikut beberapa teknik mengerjakan bordir secara manual antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Tusuk Balik

Atau biasa disebut tusuk tikam jejak, biasanya digunakan untuk menjahit kain, garis dan juga tangkai dari bunga.

  1. Tusuk Veston

Tusuk ini biasa ditemukan pada sulaman lubang kancing, hiasan serta jahitan untuk pinggiran kain.

  1. Tusuk Rumani

Teknik berikut sering digunakan untuk membentuk daun ataupun bunga.

  1. Tusuk Batang

Tusuk batang, atau tusuk tangkai, sering untuk membentuk berbentuk batang, tangkai maupun ranting.

  1. Tusuk Bullion

Tekik ini biasanya digunakan untuk membuat hiasan berbentuk butiran-butiran atau bunga-bunga kecil biasanya menggunakan teknik tusuk bullion ini.

  1. Bordir Komputer / Mesin

Bordir jenis ini bukan lagi menggunakan tangan, namun menggunakan perangkat mesin bordir. Bordir ini biasa didesain dari komputer lalu dihubungkan melalui mesin bordir. Jadi Bordir mesin ini sendiri harus mempunyai 2 operator sebagai desain dan juga bertindak sebagai operator mesin. Biasanya komputer ini sendiri harus mempunyai aplikasi yang dapat menunjang desain. Pengaplikasian teknik bordir ini bisa meliputi:

  1. Tusuk Lurus

Jenis bordir ini pengaplikasian menggunakan tusuk lurus agar bordir terlihat jelas. Biasanya jenis tusuk ini digunakan untuk membuat desain garis lurus atau melengkung bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Tusuk Zig-Zag

Tusuk ini biasanya digunakan untuk membuat hiasan yang lebih kompleks.

Sekian beberapa jenis tusuk bordir yang sudah kami bahas. Setelah ini semoga anda sudah mendapatkan insight mengenai jenis bordir yang hendak anda desain atau anda pesan di konveksi pilihan anda.

See also  Alasan Sablon Plastisol Sangat Diminati

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.